Definisi SEO dan SEM

SEO dan SEM sangat penting dalam pemasaran online, tetapi mereka juga dapat menyebabkan kerancuan dalam pengertiannya. Mana yang lebih baik untuk bransing dan bagaimana menggunakannya dalam strategi pemasaran.


Definisi SEO

SEO kependekan dari search engine marketing (optimasi mesin pencari) didefinisikan sebagai tindakan yang diambil untuk meningkatkan dan menyempurnakan halaman web agar peringkatnya lebih tinggi dalam hasil pencarian internet. Sangat penting untuk dicatat bahwa praktik SEO mengacu pada hasil organik. Hasil organik berarti bahwa tidak ada pembayaran yang dilakukan ke perusahaan mesin pencari untuk mendapatkan posisi yang lebih baik.


SEO dalam Pemasaran

Ketika situs web atau halaman web dioptimalkan dengan backlink berkualitas, peringkatnya tinggi dalam hasil pencarian dan karenanya menerima peningkatan lalu lintas. Ini mengarah pada peningkatan kesadaran merek dan penjualan. Inilah sebabnya mengapa SEO adalah bagian penting dari strategi pemasaran digital.


Strategi SEO sering berfokus pada Google karena mesin pencari ini digunakan oleh sebagian besar orang. Namun, karena mesin pencari telah berkembang selama bertahun-tahun, strategi SEO menjadi semakin canggih dan kompleks. Meskipun demikian, ada dua faktor mendasar yang mempengaruhi posisi halaman web.



Definisi SEM

SEM (search engine marketing) didefinisikan sebagai strategi pemasaran digital yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web di halaman hasil mesin pencari, juga dikenal sebagai SERP. Hal ini dicapai melalui iklan berbayar dan kadang-kadang bisa disebut pencarian berbayar atau PPC (bayar per klik).


 SEM dalam Pemasaran

Di SEM, tujuannya adalah untuk meningkatkan posisi situs web Anda melalui iklan berbayar yang muncul di hasil mesin pencari untuk kata kunci tertentu. Mengingat keunggulan Google sebagai mesin pencari, bagian umum dan sangat penting dari SEM adalah Google Ads. Strategi SEM termasuk membuat dan mengoptimalkan iklan digital serta membuat anggaran untuk membayar iklan.


SEM  adalah metode utama untuk mendorong konversi untuk kampanye pemasaran digital. Ini karena iklan berbayar sering ditautkan ke halaman arahan, halaman produk, dll. yang membantu memindahkan lalu lintas web di sepanjang saluran penjualan. 




Comments

Popular posts from this blog

Cara Menulis Artikel Untuk Bisnis Anda

STRUKTUR DASAR PENULISAN ARTIKEL